Cara Menyusun Proposal Penelitian yang Baik

Tulisan ini dibuat oleh salah satu dosen saya dikampus, mengenai tahapan dalam menyusun sebuah proposal, baik proposal untuk S1, S2 maupun S3 karena proposal penelitian diantara level pendidikan hampir sama hanya berbeda dalam kedalaman isinya saja. Baiklah, apa yang dimaksud dengan proposal? 

Proposal adalah suatu rencana kerja untuk meneliti sesuatu yang nyata dalam bidang ilmu tertentu. Melalui proposal, peneliti akan menunjukan bagaimana suatu penelitian dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya, dan menguraikannya secara jelas. Proposal haruslah lebih banyak membahas suatu masalah berdasarkan literatur dan rencana penyelesaiannya. Sehingga proposal terintegrasi dari pertanyaan masalah dan rencana penyelesaian yang koheren.

Topik dalam penelitian merupakan hal yang penting dalam sebuah proposal. Oleh karna itu, ada beberapa poin yang dapat membantu anda dalam mempertimbangkan topik yang akan anda angkat sebagai proposal. Semua komponen harus saling berkaitan dan memberikan gambaran kohesif dari seluruh penelitian.

  1. Apa yang diinginkan pembaca, apakah anda memahami secara menyeluruh topik penelitian yang akan anda buat?
  2. Apa yang diketahui oleh pembaca tentang topik atau istilah yang akan anda kemukakan?
  3. Apakah yang akan anda rencanakan dengan minat bidang anda?
  4. Bagaimana rancangan penelitian anda dan siapa yang akan anda libatkan?
  5. Metode apakah yang anda gunakan untuk mengumpulkan data?
  6. Bagaimana anda menganalisa data anda nantinya?
  7. Bagaimana anda validasi dan evaluasi hasilnya nanti?
  8. Apa masalah yang etis untuk anda kemukakan?
  9. Bagaimana hasil awal yang didapat dari penelitian ini?

Dengan menjawab 9 pertanyaab diatas berdasarkan topik yang anda pilih, maka akan menjadi dasar dari penelitian yang baik, dan dapat dijadikan untuk membuat sebuah proposal. untuk lebih menyakinkan anda tentang topik penelitian yang anda pilih dapat diterima dan mengurangi kebingungan anda ketika meneliti nantinya, silahkan pertimbangkan 5 pertanyaan lanjutan berikut ini:

  1. Mengapa topik penelitian anda usulkan sangat penting dan berharga sehingga anda harus mempelajarinya?
  2. Apa yang sudah diketahui dari penelitian sebelumnya? Bagaimana hubungannya dengan penelitian yang diusulkan?
  3. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti sebelumnya, dapatkah anda memprediksi hasil penelitian anda? Jika dapat diprediksi, Bagaimana mencari hasilnya?
  4. Bagaimana anda dapat melanjutkannya, metode apa yang akan anda gunakan? Data yang dikumpulkan? Orang yang terlibat?
  5. Jika telah mendapat data mengenai topik tersebut, bagaimana data tersebut mewakili situasi, kondisi, masalah, pertanyaan, atau bidang investigasi yang diusulkan?

Jika anda mampu menjawab 9 pertanyaan dasar dan 5 pertanyaan lanjutan diatas berdasarkan topik dan data yang anda miliki, maka anda dapat melanjutkan menjadi proposal penelitian yang utuh seperti gambar berikut:

Komponen Proposal Penelitian

Komponen Penulisan Ilmiah

Penulisan karya ilmiah memang tidaklah mudah, memerlukan keahlian dan latihan untuk memperbaikinya, seperti seorang penulis novel, dapat menarik pembaca dan membuat penasaran pembaca mengenai kelanjutan dari setiap lembaran ceritanya (Kurniawan, 2017)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Menyusun Proposal Penelitian yang Baik"

  1. Keren bro info yang sangat bermanfaat bagi yg mau nyusun proposal...

    ReplyDelete
  2. artikel yg bagus sekali gan..

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM dan akan DIHAPUS.